Gunung Prau - Keindahanya Bikin Ngiler | Cocok bagi Pendaki Pemula

View samudera diatas awan bisa kita jumpai di Puncak gunung Prau, tak perlu ke puncak Mahameru untuk bisa menikmati indahnya lautan awan yang membentang luas. Keindahan gunung Prau memang sudah tak perlu diragukan lagi, buktinya setiap hari tak pernah sepi para wisatawan ataupun pendaki yang memenuhi puncak gunung Prau ini.

informasi pendakian gunung prau


Apa sih menariknya gunung Prau? Bagi yang mau mendaki gunung Prau pasti berpikir seperti itu. Gunung Prau merupakan sebuah gunung yang tak terlalu tinggi, hanya memiliki ketinggian 2.565 mdpl, gunung Prau terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.  

Gunung Prau mempunyai pemandangan yang cukup keren, dari puncak gunung Prau terlihat dengan jelas gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Saat pagi hari dan cuaca cerah,  kami bisa menikmati Sunrise yang indah karena saat matahari mulai muncul akan terlihat gunung di sampingnya, yaitu gunung Sindoro dan Sumbing yang kokoh tinggi menjulang menembus awan putih.

Bagi yang belum pernah ke Gunung Prau berikut beberapa gambaran tentang gunung Prau yang eksotis dan hitz di kalangan pendaki. Walaupun pendangannya sangat bagus tapi untuk bisa sampai ke puncak Prau tidak lah terlalu lama, hanya sekitar 2 jam perjalanan santai menanjak sudah bisa menggapai puncak Prau. Dengan alasan waktu yang cukup singkat inilah tak heran jika tempat camping atau mendirikan tenda selalu penuh sesak setiap akhir pekannya, akan meningkat jika hari libur panjang telah tiba.

samudera atas awan

Jika naiknya membutuhkan waktu sekitar 2 jam, maka untuk turun ke basecamp hanya sekitar 1 jam saja. Tidak hanya para pendaki yang menikmati indahnya view di puncak Prau, banyak keluarga siswa-siswi yang menghabiskan libur di tempat ini. 

Berikut beberapa tips untuk bisa menikmati indahnya sunrise ataupun samudera diatas awan secara maksimal: 


  • usahakan pilih cuaca yang pas cerah untuk menghindari badai yang tak diingingkan
  • Jika ingin menikmati suasana yang tidak terlalu ramai bisa memilih hari yang bukan liburan
  • usahakan sampai di puncak sebelum gelap, sehingga bisa memilih tempat yang nyaman untuk mendirikan tenda
  • bawa bekal yang cukup
  • ikuti tata tertib yang berlalu di gunung prau

Komentar