Gowes Bareng #7 ke Gardu Pandang Klangon - Merapi

Kangen Gowes - Gobar (Gowes Bareng) yang ke-7 ini memiliki rute tujuan gardu pandang Merapi di Klangon, jika  pada gobar sebelumnya juga gowes ke lereng merapi yaitu ke gardu pandang di Kaliurang. baca artikelnya: gobar 6 ke gardu pandan Merapi, Kaliurang.

Gowes Bareng #7 ke Gardu Pandang Klangon - Merapi 

Gowes bareng dan prosotan (downhill) di kawasan Klangon menjadi tema pada gobar 7 kali ini, jadi sebagian peserta gowes bareng sesampainya di Klangon ada yang melakukan downhill jika sepeda yang digunakan bisa dgunakan untuk aksi sepeda dengan menyusuri trek turunan tersebut.

Titik Kumpul awal di Tugu Jogja

Peserta yang berasal dari sisi barat kota jogja berkumpul di Tugu Jogja, sekitar jam 06.30 rombongan dari Tugu Jogja mulai berangkat menuju ke arah timur menemui rombongan lain di jembatan Janti. Rombongan yang berada di Janti ini sebagian besar berasal dari sisi selatan. Ketika rombongan sudah ketemu langsung saja gowes bareng menuju titik kumpul selanjutnya yang berada di Candi Prambanan.

Tak beralama-lama di Candi Parambanan, setelah istirahat sejenak dan saliang tegur sapa sesama goweser perjalananpun dilanjutkan ke Sendang Joholanang yang berada di Ngemplak Sleman. Trek dari Candi Prambanan sampai di Sendang Joholanang mulus dan cukup landai, hanya sedikit menanjak.

Sesampainya di Sendang Joholanang para peserta gowes berkumpul kembali untuk istirahat, makan snack (sarapan Pagi) yang telah disiapkan. Di Sendang Joholanang ini merupakan titik kumpul terakhir sebelum sampai tujuan yaitu di Klangon. Setelah dirasa cukup istirahat dan makan paginya kemudian dilanjutkan pengarahan untuk  gowes nantinya agar tetep kompak, yaitu Pak Heru memberikan beberapa arahan serta doa bersama.

Karena banyak juga yang ingin mencoba trek downhill di Klangon maka disediakan juga kendaraan untuk loading yaitu 3 unit pickup dan 1 unit truk untuk mengangkut sepeda dan goweser. Loading banyak yang dimulai dari Sendang Joholanang ini, karena memang setelah Sendang Joholanang ini trek perjalanan terus menanjak sampai di Klangon, jadi untuk menghemat waktu dan menghemat energi, peserta gowes yang ingin juga mencona downhill diharapkan untuk loading bersama.

Banyak juga yang mengayuh sepedanya sampai Klangon walopun perjalanannya terus menanjak. Sesampainya di Klangon peserta gowes bareng ini yang mau mencoba trek downhill Klangon ini segera mempersiapkan untuk treking membawa sepedanya keatas bukit atau tempat start downhill.

Tak lama setelah sampai di Klangon cuaca kemudian mendung dan turun hujan, tapi tak menyurutkan nyali para goweser. Sampai Klangon pemandangan gunung Merapi tidak kelihatan karena tertutup awan putih. Baru setelah sudah siang dan hujan sudah redah Gunung Merapi mulai tampak gagah tinggi menjulang walau hanya sebentar yang penting sudah terlihat Merapi dari lebih dekat dengan bersepeda.

Pulang dari Klangon cucuk enak, karena jalanan menurun, jadi cukup menghemat tenaga. Ada yang pulang duluan karena ada berbagai keperluan masing-masing, tapi tidak mengurangi kebahagian gowes bareng (gobar 7) kali ini. Secara keseluruhan agenda gowes bareng ke-7 ke Klangon kali ini berjalan lancar.

aksi sepeda dalam Gowes Bareng #7 ke Gardu Pandang Klangon - MerapiGowes Bareng #7 ke Gardu Pandang Klangon - MerapiGowes Bareng #7 ke Gardu Pandang Klangon - Merapiaksi downhill di Gowes Bareng #7 ke Gardu Pandang Klangon - Merapi

Komentar