Pantai Menganti, Pantai Terindah di Jawa Tengah

Kangen Wisata -  Menganti merupakan pantai terindah  yang ada di Jawa Tengah, pantai Menganti ini adalah pantai terindah di Kebumen, tepatnya di desa Karangduwur kecamatan Ayah. Pantai yang ada di selatan deretan pulau Jawa ini memang sangat menawan, tak heran jika pantai ini banyak dikunjungi wisatawan di hari libur ataupun dihari biasa.

Pantai Menganti, Pantai Terindah di Jawa Tengah  

Pantai Menganti berada di kawasan perbukitan Kebumen sebelah selata, sehingga untuk sampai di pantai yang indah ini harus melewati jalan yang naik turun, dan disarankan jika mau ke pantai Menganti pakailah kendaraan yang prima, soalnya akan menjumpai tanjakan dan turunan yang cukup curam. Disarankan juga jika akan ke pantai Menganti pakai kendaraan roda dua saja atau mobil, karena jika memakai bis akan kesulitan untuk sampai ke kawasan pantainya. Tapi setelah sampai di pantai Menganti semuanya akan terbalaskan dengan indahnya hamparan pantai yang biru membentans luas.

Pemandangan di pantai Menganti tak hanya pasir pantai yang putih, ada perbukitan hijau membentang, tebing tepi pantai yang indah dipandang mata, hamparan perahu nelayang berbaris rapi ditepi pantai juga bisa menjadi view menarik di pantai Menganti ini. Di salah satu ujung bukit juga da mercusuar yang tinggi menjulang di temani tiupan angin sepoi sepoi.Tak hanya itu, kita juga bisa menikmati indahnya batu karang di tepi pantai sambil mendengar deburan ombak dari dekat. Batu karang di pantai Menganti ini ada yang berbentuk unik, yaitu di sebelah timur mercusuar tepatnya, tebing karang disana berbentuk seperti susunan sarang lebah jika dilihat.


SPOT BARU: Jembatan Merah di Pantai Menganti

Belum lama ini di pantai menganti terdapat spot baru yaitu "Jembatan Merah", jembatan merah ini merupakan jembatan yang menghubungkan antara satu karang dengan karang yang lain di tepi air laut, sehingga membuat suasana lebih romantis. Jembatan Merah ini terdapat di sebelah barat mercusuar, untuk sampai di sana kita harus menuruni bukit pendek yang ada. Terdapat juga hiasan lainnya pada jembatan merah ini yang akan menambah view di jembatan merah ini semakin menarik. Untuk dapat berselfie ria di jembatan merah ini kita tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis.

Pantai Menganti, Pantai Terindah di Jawa Tengah  

FASILITAS

Tak usah khawatir jika akan berkunjung ke pantai Menganti ini, karena disini falisitas yang ada cukup lengkap, yaitu tempat parkir yang luas dan dekat dengan view panti yang indah, kamar mandi, msuhola, tempat makan yang menyajikan makanan yang enak seperti tempe mendoan yang aduhay. Jika takut kepanasan jangan kawatir karena banyak gazebo-gazebo kecil yang siap untuk dijadikan tempat menikmati indahnya pemanadangan pantai Menganti ini. Jika ingin menginap di area pantai Menganti juga telah tersedia home stay di atas bukit dengan pemandangan yang menarik.

HARGA TIKET MASUK

Untuk bisa menikmati seluruh spot di pantai ini kita hanya dikenakan retribusi sebesar Rp10.000/orang, itu sudah termasuk biaya parkir.

RUTE MENUJU PANTAI MENGANTI

Dari Kebumen
Dari kota Kebumen jalan keselatan menuju Petanahan, sampai petannahan ambil arah menuju pantai Suwuk, lurus terus mengikuti jalur selatan melewati pantai karang bolong kemudian mulai naik turun perbukitan, setelah melewati pantai watu bale dan pantai Pasir nanti ada petunjuk arah belok kiri menuju arah pantai Menganti.

Dari Jogja
Lewat jalan pantai selatan (Daendels) lurus terus ke arah barat (Purworejo - Kebumen), sampai panti  Suwuk tinggal ikuti jalur seperti diatas.

Komentar