Pendakian Gunung Slamet 17 Agustus 2016 Via Bambangan Purbalingga - 3428 MDPL

Kangen Gunung - Pendakian Gunung Slamet via jalur pendakian Bambangan Purbalingga memperingati HUT RI yang ke 71 Indonesia merdeka. Sudah berbulan-bulan tak melakukan pendakian gunung, akhirnya bertepataan dengan HUT RI ke-71 di beri kesempatan untuk melakukan pendakian kembali yaitu Gunung Slamet yang ada di provinsi Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 3.428 MDPL.

puncak gunung slamet
Personil pendakian ke gunung Slamet kali ini hanya berdua, yaitu saya dan mas Andi Nirwana, karena teman yang lain pas hari itu belum bisa bergabung karena ada tanggungjawab kerjaan dll. Walaupun hanya berdua tapi tak mengurangi semangat pendakian gunung Slamet ini.

Berangkat dari Jogja tanggal 15 Agustus 2016 sore, sampai di basecamp pendakian Bambangan Purbalingga sekitar jam 22.30 WIB dengan suasana berkabut dan dingin yang menembus jaket. Sesampainya di basecamp Bambangan sudah banyak pendaki memenuhi basecamp untuk istirahat, ada yang baru turun mendaki tapi lebih banyak yang mau mendaki esok harinya. Setelah makan malam kami sempatkan istirahat untuk mengumpulkan energi pendakian besok paginya, karena basecamp sudah penuh maka kami istirahat di rumah warga dekat basecamp.

Mulai Pendakian 16 Agustus 2016

Sehabis shalat subuh dan melakukan registrasi di basecamp, jam 5 pagi putuskan untuk segera mulai pendakian karena kalo menunggu agak siangan tetep aja dingin kalo masih di basecamp, jalan pelan-pelan sambil menghangatkan badan, tak lama perjalanan suasana sudah terang dan sudah banyak pendaki yang menyusul mendaki.

basecamp pendakian bambangan

BASECAMP - POS 1 / Pondok Gembirung ( estimasi 2 -3 jam )

Setelah melewati gerbang pendakian Bambangan medan yang dilewati adalah ladang warga yang masih relatif datar, dari basecamp sampai di pos 1 kita juga akan melewati lapngan ,vegetasi yang di dominasi oleh hutan pinus. Sampai di pos 1 pukul 7.10 pagi atau 2 jam 10 menit perjalanan, jika di basecamp belum sarapan jangan khawatir karena di pos1 ini ada yang jualan, jadu bisa istirahat sambil sarapan.

POS 1 - POS 2 / Pondok Walang ( estimasi 1,5 - 2 jam )

Tak lama-lama istirahat di pos 1, sekitar jam 7.30 kami lanjutkan perjalanan menuju pos 2, medan antara pos 1 - pos 2 lebih menanjak dari sebelumnya dan vegetasi hutan sudah mulai lebih rapat, sampai pos 2 jam 9.00 atau 1,5 jam.

POS 2 - POS 3 / Pondok Cemara (estimasi 2-3 jam )

Antara pos 2 dan pos 3 terdapat percabangan jalur dari Pemalang, jadi pas turun pastikan tidak salah mengambil jalur agar sesampainya tidak salah basecamp, hehe. di pos 3 ini medan sudah mulai memasuki hutan basa yang jarang terkena sinar mentari. Sampai di pos 3 jam 10.30 atau perjalanan 1 jam 25 menit. Di pos 3 ini sempatkan untuk istirahat sebentar dan makan bekal yang telah dibawa.

POS 3 - POS 4 / Samaranthu ( estimasi 1 - 1,5 jam )

Medan di sekitar pos 4 ini masih hutan basah, di pos 4 ini konon dikatakan sebagai pos yang angker bisa dilihat dari namanya "SAMARANTHU", walau di pos 4 ini terkenal "angker" tapi pas 17 kali ini tetep ada yang camp di pos 4 karena pos lainya telah penuh oleh para tenda yang sudah awal sampai. sampai di pos 4 ini jam 11.50 atau 45 menit perjalanan dari pos 3 sampai pos 4 ini.

POS 4 - POS 5 / Samyang Rangkah ( estimasi 0,5 - 1 jam )

Sampai di pos 5 ini pukul 13.00,  kami putuskan untuk mendirikan tenda di pos 5 ini karena kami pikir pos 5 ini cukup ideal untuk mendirikan tenda, jarak ke puncak tidak terlalu jauh, adanya sumber air di pos 5 ini walau adanya cuma musim penghujan saja. Tapi kalo camp di pos 5 ini perlu hati-hati karena konon banyak babi hutan yang ada di sekitar pos 5 ini.

Selesai mendirikan tenda kami langsung menghangatkan badan di tenda sambil menyalakan kompor untuk merebus air. setelah nyemil dan minum kopi kami segera istirahat untuk memulihkan tenaga dan untuk persiapan summit aatack. Setelah isya kami makan malam dan dilanjutkan istirahat.

SUMMIT ATTACK  17 Agustus 2016

Alhamdulillah ketika tanggal 17 Agustus cuaca di gunung Slamet cukup bersahabat, jadi kami bisa melakukan summit attack ke puncak Slamet. Jam 01.30 kami mulai summit attak tapi sebelumnya kami sudah mengganjal perut dengan makan pisang yang kita beli di pos 1 kemarin. Di pos 5 ini sudah penuh dengan tenda, dan jam segitu sudah banyak pendaki yang melakukan summit attack, karena kami belum tau pasti berapa lama perjalanan dari pos 5 ini untuk sampai di puncak.

POS 5 - POS 9 / Pelawangan

Ternyata waktu yang kami tempuh untuk summit attack ternyata lebih cepat dari perkiraan sebelumnya, mungkin bisa dipengaruhi oleh tenaga yang sudah fit dan beban yang dibawa sudah ringan, jadi jalan bisa lebih cepat.  Sampai di pos 9 pukul 02.35 pagi dan ternyata di pos 9 ini juga ada yang mendirikan tenda. Sebelum sampai pos 9 kami melewati pos 6 (Samyang katebonan), pos 7 (Samyang Kendit), pos 8 (Samyang Jampang)

POS 9 - PUNCAK (estimasi 2-3 jam)

Untuk ke puncak dari pos 9 ini patuhi rambu-rambu yang ada seperti; gunakan masker, pakai sepatu (tidak disarankan menggunakan sendal jepit jenis apapun) dan perhatikan papan warna merah sebagai tanda jalur turun. Karena masih gelap jadi tidak terlihat berapa banyak yang sudah di atas, tapi kelihatan dari sorot lampu yang digunakan masih sedikit yang berada di atas kami, dan medan bebatuan campur pasir menjadikan kita harus extra hati-hati untuk melewati jalur ini dan karena medan yang cukup curam sudut kemiringannya.

Akhirnya setelah 2 jam 45 menit akhirnya kami sudah sampai puncak Slamet dengan cuaca yang cerah tapi suhu yang cukup dingin. Ketika sampai di atas karena masih agak lama waktu sunrisenya kami putuskan untuk jalan mendekat ke bibir kawah puncak Slamet sambil menuggu pagi menjelang.

Moment yang ditunggu-tungga banyak pendaki akhirnya muncul juga yaitu menyaksikan sunrise atau matahari terbit dari ufuk timur dari puncak Slamet serta moment HUT RI 17 Agustus 2016 menambah spesial moment ini yang tak akan terlupakan. Tak lupa kami mengabadikan moment-moment ini bersama teman pendaki lainnya. Rasa dingin yang menusuk tulang akhirnya mulai menghangat seiring dengan munculnya sang mentari yang menyinari bumi pertiwi ini.

Tak disangka bisa berdiri di puncak tertinggi Jawa Tengah ini bersama ratusan pendaki lainnya dengan moment spesial yaitu HUT RI ke-71. Menyaksikan keindahan ciptaan-Nya dari puncak Slamet di temani kabut yang terus berganti dan mentari yang menyinari awan putih bagaikan samudra. Dari puncak Slamet ini kita juga bisa melihat gunung di Jawa Tengah lainnya yaitu gunung Sumbing dan Sindoro yang tinggi menjulang di sebelah timur gunung Slamet.

Setelah berkeliling sekitar puncak Slamet, jam 08.15 kami putuskan untuk turun dari puncak Slamet menuju pos 5 tempat kami Camp. Ketika perjalanan turun terlihat ternyata trak ke puncak cukup curam dan cukup ramai oleh pendaki yang turun dan naik saat itu.

Sampai di pos 5 jam 10.05 kami lanjutkan istirahat dan membuat makan siang untuk menambah energi ketika turun nanti. Setelah selesai makan siang kami lanjutkan persiapan untuk turun, Jam 11.40 kami mulai turun dari pos 5 bersama pendakai yang lain, jadi untuk jalan turun mesti antri karena banyak jalan yang sempit dan banyaknya para pendaki yang turun waktu bersamaan.

Sampai di basecamp Bambangan

Sampai di basecamp Bambangan jam 15.40 atau 4 jam perjalanan dari pos 5 sampai basecamp Bambangan. dilanjutkan istirahat sejenak dan kemudian kami melakukan perjalanan pulang dari basecamp Bambangan menuju Jogja Istimewa.

Resume Pendakian:

- Total turun = 6 jam 10 menit

Catatan:
- Patuhi peraturan yang ada
- Gunakan peralatan pendakian lengkap (sepatu, pakaian tebal, sarung tangan, dll)